Jumat, 28 Oktober 2011

RAIH JUARA OLIMPIADE INTERNASIONAL BAHASA JERMAN

Maria Advenita Gita Elmada,  siswi SMA Santa Ursula Jakarta menjadi juara ketiga untuk Tingkatan A dalam International German Olympics atau Olimpiade Internasional Bahasa Jerman di Hamburg yang diselenggarakan pada 19 Juli – 1 Agustus 2010.
Sebanyak 90 siswa dari 46 negara yang mempelajari bahasa Jerman ikut ambil bagian dalam olimpiade tersebut. Mereka rata-rata berusia antara 16-19 tahun.
Para peserta merupakan perwakilan tiap negara yang lolos berbagai tahapan seleksi di negara masing-masing. Selain Maria, siswa SMAN IX Bandung Humam Faiq juga ikut mewakili Indonesia.
Para peserta berkunjung ke Bremen, Jerman, atas undangan Lembaga Kebudayaan Jerman (Goethe Institut) bekerja sama dengan Perkumpulan Internasional Guru Bahasa Jerman.
Selain sebagai ajang unjuk kemampuan berbahasa Jerman, lomba ini juga memberi kesempatan bagi para peserta untuk bisa mengenal kota Hamburg dan berinteraksi dengan penduduk asli Jerman. Pada perlombaan yang berlangsung Juli lalu tersebut, para peserta juga mendiskusikan berbagai tema seperti bagaimana saya membayangkan masa depan saya? Dan bagaimana situasi lingkungan hidup di Jerman dan di Indonesia?
Hasil diskusi dituangkan ke dalam plakat, skema, atau sketsa untuk dipresentasikan kepada dewan juri. Aspek penilaian meliputi kemampuan berbahasa Jerman dan kreativitas serta kemampuan kerja sama kelompok.
Para pemenang diterima oleh Senator Bidang Pendidikan Christa Goetsch dan Direktur Utama Goethe Institut, Klaus-Dieter Lehmann di Balaikota Hamburg.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More