Jumat, 21 Oktober 2011

JUARA RENANG TINGKAT NASIONAL

Basya Annisa Yanuar, atau sering dipanggil Sasha. Siswi kelahiran 12 September 2000 yang juga murid kelas 5 SD Muhammadiyah Sapen ini adalah putra dari Yuyun Yanuar Yunus dan Woro Yulita Triharyanti. Siapa yang menyangka dibalik sosoknya yang lembut, gadis hitam manis ini adalah juara nasional renang indah.

Ya, Sasha memang telah mulai menyukai olahraga renang sejak dikenalkan oleh ayahnya di usia tiga tahun. Saat itu, Sasha masih diajari oleh ayahnya dengan menggunakan bantuan ban.

Menginjak kelas 2 SD, ia mulai serius dengan olahraga renang. Ia pun mengikuti klub renang yang ada di sekolahnya, SD Muhammadiyah Sapen.

“Aku ikut klub renang di SD hanya 1 semester. Setelah itu sejak semester 2 kelas 2, hingga sekarang, aku sudah bergabung dengan Klub Yuso Yogyakarta, dengan mengambil tempat latihan di Kolam Renang UNY”, ungkap Sasha.

Awalnya Sasha menyukai renang gaya bebas. Tetapi melihat rekan-rekannya berlatih renang indah, ia pun mulai tertarik.

“Memang sulit di permulaannya. Aku harus belajar ngapung dulu, belajar betknee, atau menekuk-nekuk kaki, belajar ballet legs dan exbiter, agar setengah anggota badan bisa tetap mengapung, saat tangan bergerak. Namun lama-lama aku juga menyukai dan menikmatinya”, tutur Sasha.

Berkat kesukaannya di renang indah dan latihan yang tiada henti, ia berhasil meraih medali emas lomba renang indah tingkat nasional kelompok umur 12 tahun kebawah yang dihelat di Kolam Renang Cikini, Jakarta, bulan Februari 2011 yang lalu.

“Lomba ini diikuti oleh klub-klub renang di seluruh Indonesia. Kami yang juara I selanjutnya akan mengikuti AASF atau lomba renang indah se-ASEAN”, terangnya.

Sebagai ajang pemanasan sebelum mengikuti turnamen se Asia Tenggara, Sasha berencana akan mengikuti lomba renang indah free age di Singapura, Juni nanti.

Saat ditanya mengenai metode latihannya untuk menghadapi lomba di tingkat internasional, gadis yang juga hobi menyanyi ini mengaku berlatih rutin 3 kali seminggu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More