Jumat, 28 Oktober 2011

JADI DUTA LAMPUNG DI JEPANG

SIAPA sih yang nggak tahu Jepang? Negara yang terkenal dengan sakuranya ini, membuat semua orang bermimpi untuk menjelajahinya. Apalagi Kota Harajuku yang menjadi kota mode di seluruh dunia. Bicara tentang Jepang, kali ini kita akan membahas tentang peringatan 50 Golden Year of Friendship 2008, Indonesia Jepang. Nah, dalam peringatan tersebut, salah satu siswi SMAN 1 Gadingrejo terpilih untuk mengikutinya. Siswi yang mempunyai cita-cita menjadi taruna Akpol ini bernama Ayu Tri Utami telah berangkat ke Jepang pada Sabtu (19-4) malam dan akan kembali ke Tanah Air pada 1 Mei 2008. "Saya merasa bangga, senang, terharu, dan sangat bersyukur sekali," ujarnya sambil tersenyum, ketika ditanyakan tentang perasaannya saat terpilih menjadi salah satu pelajar yang akan mengikuti acara 50 Golden Year of Friendship 2008, Indonesia Jepang.

Sebelum berangkat ke Jepang, banyak persiapan yang Ayu lakukan. Di antaranya memperdalam kebudayaan dan ilmu-ilmu tentang Indonesia, khususnya kebudayaan Lampung. Selain itu, Ayu juga mempersiapkan mentalnya untuk beradaptasi dengan masyarakat Jepang yang akan ditemuinya.

Kegiatan ini diikuti pelajar-pelajar Indonesia yang berumur antara 16 dan 18 tahun. Pelajar-pelajar tersebut diantaranya 9 pelajar yang pernah menjadi Paskibraka di Istana Negara pada 17 Agustus 2007 yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan. Yang mengikuti acara tersebut tidak hanya pelajar yang pernah menjadi paskibraka di Istana Negara, tetapi ada juga peserta lain dari korban bencana gempa di Yogyakarta, korban tsunami di Aceh, siswa pondok pesantren, dan siswa SMA dari beberapa provinsi lain.

Siswi kelahiran Pringsewu, 31 Januari 1991 ini mengatakan jika dia beserta pelajar yang lain akan melakukan pentas seni saat farewell party di Jepang. Mereka akan bernyanyi dan menari tarian tradisional Indonesia, khusunya kebudayaan daerah masing-masing. "Kami akan melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Jepang, seperti Ibakari, Kagoshima, dan Maiko High School," kata siswi yang duduk di kelas XI IPA 1 ini. Rencananya kegiatan yang diselenggarakan Jenesys (Japan East Asia Network for Students and Youth) program 2008 ini akan berlangsung selama 10 hari.

Sejak Ayu mendapat kesempatan untuk membawa baki bendera pusaka di Istana Negara, bukan hanya Jepang yang akan Ayu kunjungi. Tetapi, Ayu juga pernah mengunjungi Kamboja dan Thailand setelah melaksanakan tugas di Istana Negara. Ayu menjadi salah satu duta belia Indonesia tahun 2007. Tugasnya menjalin kerja sama antara pemuda Indonesia dan pemuda Kamboja dan Thailand dengan memperkenalkan budaya Indonesia kepada mereka.

Selain itu, Ayu juga termasuk siswa berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Prestasi yang pernah diraih, antara lain juara II LCT SMP Se-Tanggamus 2006, juara I Lomba Unjuk Gelar Drumben NonBrass, Gita Galang Pesona 2007, juara III Lomba Padarampak, Gita Galang Pesona 2007. Lalu juara III Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2007, paskibraka tingkat nasional 2007 (pembawa baki di Istana Negara), Duta Belia Indonesia 2007. Kemudian menjadi ketua OSIS SMAN 1 Gadingrejo periode 2007--2008, juara harapan II Apresiasi Film Pelajar Lampung 2008, juara II Cover Terbaik Gebyar Seni SMAN 1 Gadingrejo tahun 2007.

Pembaca Cerita terbaik Drama Pentas SMAN 1 Gadingrejo 2007 dan Pimpinan Produksi Terbaik Gebyar Seni SMAN 1 Gadingrejo 2007.

Hmm...pasti Slamet Wijoyo (ayahnya) dan Ibu Sri Suhartini, S.Pd. (ibunya) bangga banget atas semua prestasi yang sudah Ayu dapatkan selama ini. Semoga prestasi yang telah Ayu raih, bisa menjadi sebuah motivasi semua pelajar Indonesia, khususnya siswa SMAN 1 Gadingrejo. Buat Ayu, selamat yach!!! TIM REDAKSI/S-2

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More