Jumat, 16 Desember 2011

Prosedur Menentukan Pemenang Pertandingan Futsa


Waktu tambahan dan tendangan dari titik pinalti adalah metode untuk menentukan tim pemenang apabila perturan kompetisi mempersyaratkan harus ada tim pemenang.
Waktu tambahan terdiri dari dua jangka waktu yang sama yaitu 5 menit. Jika tidak ada gol yang dicetak selama dua babak dari penambahan waktu atau nilai kedua tim yang bertanding tetap sama atau seri, pertandingan ditentukan melalui adu tendangan dari titik pinalti.
Tendangan dari Titik Penalti
• Wasit memilih gawang yang akan digunakan untuk tendangan pinalti.
• Wasit melempar uang logam dan kapten tim pemenang toss coin akan memutuskan tim manakah yang melakukan tendangan pinalti pertama atau tendangan pinalti pertama atau tendangan pinalti kedua.Wasit mencatat tendangan-tendangan pinalti yang dilakukan.
• Masing-masing tim melakukan lima kali tendangan pinalti.
• Tendangan dilakukan secara bergantian olegh kedua tim.
• Jika sebelum tendangan pinalti dilakukan lima kali, salah satu tim telah unggul dan tidak mungkin terkejar oleh tim lainnya, maka tendangan pinalti sisanya tidak perlu dilakukan.
• Jika kedua tim telah melakukan lima kali tendangan pinalti, keduanya memiliki angka yang sama dari gol yang dicetak, atau tidak mencetak gol sama sekali, tendangan pinalti dilanjutkan dengan urutan yamg sama sampai salah satu tim mencetak gol melebihi tim lainnya dari jumlah tendangan yang sama.
• Setiap tendangan pinalti dilakukan oleh pemain yang berbeda. Tendangan pinalti kedua bagi seorang pemain dapat dilakukan jika semua pemain yang berhak melakukan eksekusi penalti telah melakukannya.
• Pemain yang diperbolehkan melakukan tendangan pinalti dapat menggantikan posisi penjaga gawang dalam setiap saat tendangan pinalti dilakukan.
• Hanya pemain yang telah ditunjuk melakukan eksekusi tendangan pinalti dan petugas pertandingan yang diperbolehkan untuk tetap berada di lapangan permainan saat adu tendangan adu pinalti dilaksanakan.
• Semua pemain, kecuali pemain yang ditunjuk melakukan tendangan pinalti dan dua penjaga gawang, harus tetap berada di lapangan permainan, dan berada di daerah setengah lingkaran lain yang berlawanan.
• Kecuali ditentukan lain, peraturan permainan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Sepakbola Internasional berlaku juga uyntuk tendangan dari titik pinalti.
• Dalam hal setelah selesainya pertandingan terdapat tim yang jumlah pemainnya menjadi sama dengan jumlah pemain tim lawanya. Hal ini harus diberitahukan kepada wasit yaitu nama dan jumlah pemain yang tidak dimasukkan. Kapten tim bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hal ini dilaksanakan.
• Sebelum memulai tendangan dari titik pinalti, wasit harus memastikan bahwa hanya pemain yang berhak dan ditunjuk untuk melakukan eksekusi tendangan pinalti yang tetap berada didalam wilayah setengah lapangan; para pemain-pemain ini akan melakukan tendangan pinalti.
Demikianlah bahasn tentang Prosedur Menentukan Pemenang Pertandingan Futsal.
tag : adu pinalti futsal , penalti dalam permainan futsal , tetap seri dalam adu penalti futsal , peraturan futsal jika tendangan sudut , wkt dlm futsal , tendangan penalti dalam futsal , tendangan pada futsal , tendangan gawang dalam permainan futsal , prosedur pinalti futsal , pinalti futsal

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More